Train scale atau timbangan kereta, pada dasarnya adalah sama dengan timbangan pada umumnya, bedanya mempunyai rancangan khusus baik dimension agar kereta tidak ambruk, bahan atau material harus khusus, dan juga pondasi yang kuat, semua harus kuat sesuai dengan kapasitas yang diperlukan dan ada hitungannya secara matematika / pembuktiannya masing-masing bagian. Karena walaupun dasarnya sama dengan timbangan pada umumnya tetapi timbangan kereta api tetap ada perbedaan, sebab timbangan kereta bisa guling / ambruk, sedangkan timbangan pada umumnya tidak bisa guling (sepanjang desain load cell dan platform baik dan benar secara teknik). Timbangan kereta api, bisa digunakan didalam sebuah pabrik atau pada kereta api pada umumnya, yaitu untuk menimbang sebelum barang diangkut/dibawa, agar tidak terjadi over loading bisa mengakibatkan kecelakaan. Selain keperluan tersebut diatas dapat juga untuk menimbang batu split dalam proyek pembuatan sebuah jalan kereta api, seperti pada proyek PT. Kereta Api Indonesia, di Cirebon (depan stasiun Arjowinangun) dengan kontraktor TEKKEN MODERN JO (Japan). |
||